Rabu, 02 Mei 2018

Turunnya Wahyu kepada Rasulullah shalallahu alaihi wassalam

Nine Story Nabawiyah

Saat  usia Rasulullah shalallahu alaihi wassalam hampir empat puluh tahun, hal  paling di sukai beliau adalah mengasingkan diri ke gua hira di Jabal Nur. Pilihan beliau mengasingkan diri  termasuk sala satu sisi dari ketentuan Allah atas diri beliau, untuk mengemban amanah besar,  yang mengubah  wajah dunia dan meluruskan garis sejarah.

ketika usia Rasulullah shalallahu alaihi wassalam genap empat puluh tahun, mulai tampak tanda tanda nubuwah dari diri beliau. diamtara tanda tanda itu adalah mimpi yang haikiki, selama enam bulan mimpi yang  beliau alami berupa fajar subuh yang menyingsing. Dan merupakan salah satu dari empat puluh enam dari bagian nubuwah.

Akhirnya pada bulan Ramadhan tahun ke tiga dari masa pengasingan ke gua Hira'; ALLAH berkehendak melimpahkan rahmatNya kepada penghuni bumi, memuliakan beliau dengan Nubuwah dan menurunkan jibril kepada beliau sambil membawa ayat ayat AlQur'an yaitu surat Al-Alaq 1-5.

seleng beberapa hari dari peristiwa digua Hira,  wahyu terputus.  Wahyu terputus dalam jangka 
waktu beberapa hari. Pada masa masa terputusnya wahyu, Rasullullah shalallahu alaihi wasalam hanya diam dalam keadaan termenung dan sedih. Rasa kaget dan bingung melingkupi beliau
Dan beliau masih dalam keadaan bingung apakah beliau adalah nabi ALLAH.

Selang beberapa hari malaikat Jibril rurun membawa wahyu untuk kedua kalinya. Dimana saat itu Rasulullah shalallahu alaihi wasallam sedang berjalan, dan tiba tiba  terdengar suara yang berasal dari langit, ternyata adalah malaikat jibril. Kemudian Rasulullah shalallahu alaihi wasallam mendekati tiba tiba beliau jatuh terjerembab keatas tanah.  kemudian beliau pulang menemui keluarganya, dan beliau meminta di selimuti.  lalu ALLAH menurunkan surat Al-Mudlddatstsir :1-5.

Sumber  : Buku Sirah Nabawiyah yang di tulis oleh Syaikh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfury

#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImaginatio


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Temukan Kebahagiaanmu

Bicara soal bahagia ada aktivitas yang membuat bahagia yang terdiri dari dua hal yakni aktivitas yang disukai dan bisa dilakukan...