Selasa, 01 Mei 2018

Keluarga Hasyim

One Story Sirah Nabawiyah 

Pada tantangan level 8 tentang mendongeng atau story telling merupakan tantangan yang baru bagi saya. Di mana saya pribadi suka membaca tapi tidak suka membaca keras atau membaca bersama dan belum pandai bercerita. 
Jadilah ini tantangan first moment. Pada akhirnya  saya memilih story tentang sirah atau sejarah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam  Dan saya memilih  bercerita tentang sirah Rasulullah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam  yang saya baca dan review kepada suami tercinta. Kebetulan suami saya belum menuntaskan materi sirah ini. Buku sirah Saya kupas adalah sirah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam  tulis Syaikh Shafiyyurahman Al Mubarakfury. 
Pada tantangan pertama saya  meloncat langsung ke hal. 37 dengan judul 
“Nasab dan keluarga nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam ”. 
Ada terdapat 3  bagian Nasab Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.
 Yang pertama Nasab sampai Adnan ( yang di sepakati kebenarannya)
 Yang kedua Nasab sampai  Adnan ke atas hingga Ibrahim ‘alaisalam.
 Yang ketiga  Ibrahim ‘alaisalam keatas hingga Adnan. 
Selanjutnya bahasan  tentang keluaraga Nabi, yang  dikenal dengan dengan sebutan kelurga Hasyimiyah. Yang dinisabkakan kepada kakek beliau. Hasyim bin  Abdu Manaf. mari kita  menelusuri tentang keadaan Hasyim dan keturunannya.

kita berkenalan lebih lanjut kepada kakek buyut
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam Hasyim.
Hasyim  adalah orang yang memegang urusan air minum  dan  makanan Jamaah haji dari bani Abdul manaf. Nama  Asli beliau “Amru”. Di panggil Hasyim karena dia merupakan orang pertama yang meremukkan roti bercampur kuah untuk di beri kepada jamaah haji pada musim haji. Dan Hasyim sendiri orang kaya raya dan terhormat. Hasyim menikah dengan Salma binti Amru, dari Bani Bin an Najjar  dan menetap di Madinah. Hasyim memiliki  9 orang anak.   Empat putra yaitu Asad, Abu shaifi, Nadhlah dan Abdul muthathalib (Kakek Rasulullah). dan  Lima putri  adalah Asy-Syifa, Khalidah, Dha’ifah, Ruqayyah dan Jannah. Begitulah silsilah atau nasab  keluarga besar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.
Dan pengalaman bercerita ini membuat saya gugup, dan  kata suami banyak hal yang mesti saya  pelajari  tentang intonasi suara, alur cerita dan mesti lebih tenang.  hihi :)
Sumber  : Buku Sirah Nabawiyah yang di tulis oleh Syaikh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfury

#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Temukan Kebahagiaanmu

Bicara soal bahagia ada aktivitas yang membuat bahagia yang terdiri dari dua hal yakni aktivitas yang disukai dan bisa dilakukan...