Selasa, 01 Mei 2018

Abdul Muththalib

Two Story Sirah Nabawiyah 


Ketika Hasyim meninggal dunia maka  urusan penanganan air  minum dan makanan untuk  jamaaah haji di pegang oleh Al Muththalib  bin Abdul Manaf yang merupakan saudara Hasyim.  Dan saat  AlMuththalib  meninggal urusan  jamaah haji pun di  serahkan  kepada Abdul Muththalib  yang merupakan kakek Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.
Kali ini berkenalan dengan  salah satu anak laki laki Hasyim yaitu Abdul Muththalib  yang merupakan kakek Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Ada peristiwa penting saat  Abdul Muththalib memegang urusan  makan dan minum jamaah haji di Baitul Haram.
Pertama adalah  pengalian sumur Zam Zam. Awalnya  Abdul Muththalib bermimpi di suruh untuk menggali sumur Zam Zam dan tempatnya. Dan akhirnya beliau menemukkannya dan menggali sumur Zam Zam tersebut.  Dan beliaulah  yang memegang urusan sumur Zam Zam tersebut. 

Dan pristiwa kedua  yaitu kisah  tentara gajah yang  di pimping oleh gubernur  Yaman  Abrahah  Ash Shabbah Al Habsi.  Yang mana Abrahah  membangun gereja yang sangat besar di Shan’a, untuk mengalihkan pusat ibadah haji yang ada di mekkah.  Ada seorang dari kinanah yang mendengar niatan Abrahan ini, kemudian ia  nekat masuk gereja  dan melumurinya dengan kotoran pada pusat  gereja tersebut.  Dan hal ini yang membuat Abrahah murka. Kemudian ia membawa enam puluh ribu prajurit dan gajahnya untuk menghanncurkan Ka’bah.  Sampailah mereka di Wadi Muhasshir  sang gajah terbesar  yang di naiki Abrahah mogok jalan dan tak mau mengadap kearah Ka’bah.  Dan setelah beberapa kali sang gajah di minta berjalan ia tetap menderum,  tak lama kemudian  datanglah burung burung yang membawa 3 biji batu yang di patukkan nya dan membawa 2 biji batu di kakinya.  Dan  burung pun menjatuhkan batu batu tersebut ke arah pasukan Abrahah, yang siapa pun terkena batu tersebut akan lepas sendi tulangnya dan mati.Tentang Abrahah sendiri ALLAH mengirimnya penyakit sehingga sendi tulangnya lepas sendiri yang ketika ia tiba di Shan’a  ia meninggal dengan dada terbelah. Sementara itu  Saat pristiwa itu orang orang Quraisy  Berpencar menjadi beberapa kelompok  dan mengungsi ke gunung karena takut invansi pasukan Abrahah.  Setalah mengetahui bahwa pasukan Abrahah pada  mengalami pristiwa tersebut akhirnya orang orang Quraisy pun kembali  kerumah dengan aman dan selamat. Dan peristiwa hancurnya pasukan Abrahah  pun  tersebar ke seluruh wilayah yang akhirnya  mengalihkan perhatian dunia pada Kabbah. Abdul Muththalib, mempunyai 10 orang anak  laki laki.  Dan memiliki 6 orang anak perempuan.

Begitulah sekelumit kisah tentang  Abdul Muththalib, sang kakek tercinta  Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.
Sumber  : Buku Sirah Nabawiyah yang di tulis oleh Syaikh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfury


#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImaginatio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Temukan Kebahagiaanmu

Bicara soal bahagia ada aktivitas yang membuat bahagia yang terdiri dari dua hal yakni aktivitas yang disukai dan bisa dilakukan...