Minggu, 27 Mei 2018

Pelecehan seksual, LGBT dan fitrah seksualitas


Presentasi  ke 9 disampaikan oleh team 5, dengan tema “Pelecehan seksual, LGBT dan fitrah seksualitas".
Pelecehan seksual adalah perilaku pendekatan-pendekatan yang terkait dengan seks yang diinginkan, termasuk permintaan untuk melakukan seks, dan perilaku lainnya yang secara verbal ataupun fisik merujuk pada seks.

Pelecehan seksual terhadap anak adalah satu bentuk penyiksaan anak  adalah satu bentuk penyiksaan  dimana orang dewasa atau remaja menggunakan ank untu rangsangan  seksual.
 Korban pelecehan seksual tentunya mahluk yang paling mudah dan di perdaya.

 Dan beberapa tantangan  yang terkait gender saat ini :
Adanya phenomena  prilaku   seksual menyimpang
LGBT Mulai di pertontonkan secara terang terangan
Kasus pedofilia yang semakin berkembang
Pornografi yang semakin mudah di akses dengan kemudahan media digital

Lalu bagaiman pandangan islam terhadap penyimpangn fitrah ini:
 Islam sangan melarang kasus kasus penyimpanga seksual di atas,  misal untuk trasgender , oprasiganti kelamin, dan LGBT Merupakan penyimpan syariat di mana ALLAH  menciptakan semua mahluk berpasangan pasangan  dan islampun melarang   amenyerupai lawan jenis juga melarang merubahan ciptaan ALLAH sebab itu artinya melawan fitrah manusia itu sendiri.

Dan ada bebrapa solusi untuk mengatasi penyimpangan seksual ini di antaranya
Identifikasi sedini mungkin penyimpangan seksual pada anak  identifikasi dilakukan di bawah umur 5 tahun  dengan memperhatikan  prilaku dan makanannya.
Jangan berikan reward seksual terhadap pelaku yang terlihat mulai menyimpang
Jika pelaku ternyata bermasalah dalam fitrahnya maka bangun empati terhadap pelaku ,  sehingga bisa di tangani

Meskipun  unsur feminitas  tetap  bermanfaat bagi laki laki  dan perempuan pun mesti ada unsur maskulin tapi hal tersebut di boleh dominan dari gendernya.


 Hal hal yang perlu di perhatikan dalam memberikan pendidikan seks untuk anak :
Perhatikan usia anak
Pendidikan seks untuk anak SD idealnya berfokus pada pengenalan  anggota tubuh dan fungsinya serta bagaimana cara menghargai dan melindungi tubuhnya dalam  hal ini bisa diajarkan dengan  bermain, bernyayi dan bercerita.
Jangan menunggu anak bertanya
Pastikan  anak anak tahu kepada siapa mereka menceritkan hal hal personal agar tidak di manfaatkan untuk hal hal negatif.
Berusaha  menjawab dengan jujur saat anak bertanya tentang  seksualitas
Untuk sumber bisa dengan membaca buku sains dan biologi  jadi menerangkan anak secara ilmiah lebih tepat.


Hasil diskusi :
Seperti apa pengaruh asupan makanan terhadap fitrah seksulitas?
Jawab :
Asupan makanan   yang berpengaruh terhadap fitrah seksualitas  yaitu makanan yang mengandung protein, bila berlebihan akan mempengaruhi  hormone pertumbuhan yang  berfungsi sebagai penggerak  utama kematangan seksuall dan  misal terjadi menstruasi dini pada anak perempuan   dan   usia  di bawah 11,9  tahun ketika sudah kena menstruasi akan  beresiko menderita penyakit  kardiovaskular.  Untuk anak laki laki hal ini bisa menyebabkan  perubahan komposisi tubuh  dan mal nutrisi tulang yang cepat juga ciri seksualitas sekunder  sudah nampak tapi  jiwa masih anak anak jadi efeknya  mereka susah menendalikan nafsu.

Bagaimana cara melatih kemandirian anak umur 5 tahun, semisal agar anak mau mandi sendiri ?
Jawab :
Berikan pengertian pada anak bahwa mandi sendiri  baik untuknya, kemudian berikan  tentang kemandirian  semisal   menceritaka tentang sosok Rosulullah yang sudah mandiri dari kecil. Beri reward  kepada anak kalau iya berhasil  untuk mandi sendiri, pakai baju sendiri.

#Fitrah seksualitas
#learningbyteaching
#bundasayangsesi11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Temukan Kebahagiaanmu

Bicara soal bahagia ada aktivitas yang membuat bahagia yang terdiri dari dua hal yakni aktivitas yang disukai dan bisa dilakukan...