Sabtu, 07 April 2018

Mendidik Anak Zaman Now, Siapa Takut

By : Dee

Bismillahirrahmanirrahim….

Resume kajian Ustad Bendri Jaisyurrahman @Ajo Ben
“Mendidik  anak zaman Now, Siapa takut”,
                                                                               
Sekolah Alam Bogor, 07 April 2018
Apa Fungsi dasar orang tua yang juga merupakan tantangan orangtua zaman now???
Yaitu 
-Emosional Bonding (Membangun  ikatan batin) kepada anak. Ini  yang sangat penting dalam parenting.

Khusus untuk Bunda 0-2 tahun
Tahun menyusui,  jadi totalitaslah para bunda dalam menyusui anak, gunakan mata, telinga, hati. Ini yang di ajarkan dalam alQuran.
Jauhkan dulu dari media misal HP, Tv ketika menyusui. Karena suara dan wajah yang sering dilihat anak 0-2 tahun akan di scan dalam memori anak tersebut.
0-2 tahun fase dipenden/tergantung.
Jika Menyusui benar, maka bisa kita lihat anak  tersebut semuanya mau sama mamah  Ikatan batin yang kuat akan membentuk simpaty dan sensitivitas sangat kuat pada diri nak terhadap orangtuanya nanti. Jadi justru baik kalau 0-2 tahun bau tangan ibundaya. Yang bisa membuat anak membentuk radar terhadap orang orang asing.
Jika fase ini  maunya Cuma sam ibundanya berarti ikatan batin dan emosional bunda pada anak sudah terbentuk bagus. Dan ini akan berpengaruh  penting ketiak anak bertemu Fase 5 kristis  kelak yaitu fase kritis  pra sekolah, pra baliq, pra nikah, pra 10 tahun pernikahan.
*info BNN
Apa yang dilakukan predator dan pengedar narkoba untuk mendekati anak anak kita, jadi sebelum mereka melakukan aksi untuk mengincar korban biasanya mereka ikut pelatihan parenting dahulu.
Dan untuk pendekatan mereka biasanya menggunakan teknik grooming. Siapa sasaran mereka adalah anak atau remaja yang sering membuat satus  galau dan bĂȘte, cara mencari infonya lewat  media social anak tersebut.  Hati hati untuk anak perempuan kita sekarang banyak playboy fi sabilillah.


Ayah bunda, hal penting anak tidak butuh sosok ustazah di rumah. Dengan terlalu sering memberi nasehat dan pandai berdali anak akan mencari entartaimen di luar.  Anak gak butuh figure ustazah itu.  Yang anak butuh figur pelayanan. contoh ummi tatum kepada alm ustad Jefri. Ketika mennemukan ankanya pulang kerumah pdalam keadaan mabuk.  Kita lihat dialog bunda ustad Jefri .“Ya allah jef, kemana aja umi kangen, umi sudah masak sayur soup kesukaan kamu makan yuk” dan beliau tidak bahas dan mengungkit kesalahan anak dan tidak menggunkan kemarahan. Ayah bunda, Anak butuh ayat ayat cinta orang tuanya, bkan dalil atau nasihat yang overload.
Rosulullah dulu kalau bertanya kepada anak bukan langsung tanya hafalan anak tersebu tapi yang dia tanya apa  hobby anak tersebut.
anak suka main boneka, yang di tanya kabar bonekanya. Anak suka main fustal tanyakan tentang fustalnya. "Adek boneka adek apa kabarnya?".  "Kak main fustal menang gak?"..

Cara berkomunikasi dengan anak ketika ingin memberi tahu dan mengajak.
misal  "Masyaallah nak sebentar lagi ramadhan, pahala berlipat di bulan ini nak ... , baru kita ajak shalat dan puasa.
Anak jaman now sekarang, untuk teknologi lebih hebat dan pinteran mereka dari pada kita, jadi kalau kita mau pinter pinteran sama anak mereka lebih pinter. kenapa anak kecanduan gam, karena anak  butuh intertertainmen dan kita sebagai ortu tidak menjadi intertain untuk mereka.
sebab memgasuh anak seperti bermain layang layang. Apa yang penting pada layangan., Tali nya.

Skill Wajib Ayah
Bermain
seperti rosul ketika bermain dengan cucunya siapa yang bisa memegang pundak beliau diberi hadiah dan pelukan. Mengalahlah jika bermain pada anak  beri  hadiah dan pelukan.
Bercerita/ story telling
 Beda cerita kepada anak, bercerita bersama.
 "coba kalau kamu jadi umar nak...
eksplorasi / Menjelajah
misal coba hitung berapa jumlah daun ini

Skill  Wajib Bunda
Memasak
hal ini membuat anak kangen pulang
Memijit/sentuhan.
Membuat anak nyaman  ketika bercerita dan ketika sudah memasuki SMP  Biasanya mereka tdk ingin di peluk lagi. Area mana yang penting punggung, perut dan telapak tangan.
Mendengar
dengerin dulu anak bicara ya bun  jangan langsung menasihati.
respon oh.. iya..

Teknik menenangkan anak laki tepuk tepuk pundaknya. Kalau anak perempuan di usap punggungnya..
 Waktu menasihat ketika anak. Lihat kondisi anak Apakah
1. Nafas teratur atau tenang..
2. Punggungnya nyaman di usap
3. Telapak tangan nyaman mau di sentuh.
telapak tangan adalah gerbang jiwa.  telapak tangan merupakan  radarnya.  Ketika anak gak mau salaman sama orang jangan dii paksa ya bunda.  Jelaskan dengan sopan kepada orang tersebut. Ketika anak menangis maka kita kita rangkul untuk menenangkannya, bukan di alihkan dengan memberi film kartun atau gadget untuk menenangkannya.

Untuk gadget kita gak mungkin bisa melarang anak tapi kita bisa membuat kesepakan dlaam keluarga kita. Dan kitalah yang paling utama menjadi qudwah dalam kominmen tersebut.
Manajemen gadget.
Waktu pemakain.
sepakati waktunya, Kapan dilarang.
Lokasi pemakain gadget  yang mana yang di kecualikan kecuali  misal kamar tidur, kamar mandi, toilet.
durasi.
misal 4xsetengah jam
isi atau aplikasi.
 Apa saja aplikasinya. Semakin banyak aplikasi karena apa  lebih banyak waktu  termakan.
masa exp aplikasi misal exp game. kita kasih waktu 15 jari.
 Kalau sedang ibadah, di kendaraan, bertamu mesti di atur pemkaian gadget tersebut. Atau jika di luar rumah misal makan atau berkumpul dengan keluarga boleh tidak pakai gadget. Di sepakati.

“Ajaklah anak anakmu untuk ikut tolabul ilmi, karena otak anak anak, tetap aktif menyimak mesti mereka bermain, agar kedepannya mereka terbiasa dengan hal hal yang baik dan positif.
Demikianlah resume ini, silakan share . Semoga bermanfaat. Wallahu’alam. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Temukan Kebahagiaanmu

Bicara soal bahagia ada aktivitas yang membuat bahagia yang terdiri dari dua hal yakni aktivitas yang disukai dan bisa dilakukan...