Senin, 02 April 2018

"Be Creative, Think Creative”

Mengurangi Sampah Kemasan

Beberapa tahun telah berlangsung, selain mengajar suami  juga menitipkan dangangannya di kanting  sekolah, dengan menjual beberapa jenis jajanan untuk anak anak di tempat suami mengajar, salah satunya yaitu ice lemon,  untuk wadah minumannya suami menggunakan tempat minuman  wadah botol plastik sekali pakai, dengan bahan dasar plastik bening yang ada tutupnya.

Kemudian adanya peraturan sekolah yang melarang produk plastik  tersebut untuk di gunakan baik itu tempat minuman atau makan,  jadi setiap yang berjualan mesti menggunakan wadah plastik dengan standar PP5, karena salah satu program sekolah mengurangi sampah palstik. Pada akhirnya  banyak yang masih kebingungan, selain mengganti kemasan produk penganan mereka. 

Mengganti wadah produk berarti akan menambah biaya, yang artinya mau tidak mau akan berpengaruh dengan pemasukan hasil berjualan.  Suamipun berfikir keras agar  jualan penganan tetap berjalan , karena lemon ice adalah salah satu minuman favorit anak anak, yang artinya cukup laku, Apalagi jika cuaca panas. Suamipun melakukan observasi berkeliling  pasar, untuk mencari ide untuk menganti wadah pastik sekali pakai tersebut. Dan  setelah melakukan obsevasi dan perhitungan suami pun mendapatkan ide, yaitu menggunakan botol memasan daur ulang yang aman di pakai yang berstandar PP5.  Dan teman teman guru pun yang ikut berjualan di kantin pun  meniru jejak suami  untuk menggunakan wadah  berstandar PP5.


Ternyata setelah dikakulasi ide menggunakan  wadah minuman yang dapat di cuci ulang, tidaklah membuat rugi, karena tidak harus membeli wadah sekali pakai yang kalau habis mesti beli.  Dan wadah cuci ulang pun membuat sampah ayang ada di sekolah cukup berkurang. Membuat sekolah terlihat lebih bersih karean tidak ada kemasan plastic berceceran.


#tantangan10hari
#level9
#kuliahbunsayiip

#thinkcreative

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Temukan Kebahagiaanmu

Bicara soal bahagia ada aktivitas yang membuat bahagia yang terdiri dari dua hal yakni aktivitas yang disukai dan bisa dilakukan...