Sabtu, 17 Februari 2018

Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini

Tidak Membeli Barang yang Diinginkan Namun Yang Dibutuhkan (Tantangan Hari Kedelapan).
Lahir dalam keluarga yang tidak mengenal literasi keuangan membuat saya dan suami membenahi diri terutama dalam melawan penyakit satu ini. Yap! Penyakit membeli barang karena keinginan bukan karena kebutuhan.
Pernah saat saya membeli camilan kesukaan yang niatnya hanya membeli satu jenis. Kebetulan suami menunggu di luar. Awalnya memang berniat membeli satu camilan, namun hati dan pikiran rupanya kalap dengan camilan-camilan lain. Saat mendapati camilan yang kubeli “beranak”, suami hanya geleng-geleng kepala.
Lain waktu, saat di pasar. Setelah beberapa barang sudah dibeli untuk kebutuhan sehari-hari, ada satu sayuran yang terlupa yakni tauge. Seperti biasa, suami yang kurang suka keramaian seperti di pasar hanya menunggu di pinggir sedangkan saya masuk untuk membeli tauge. Namun, nyatanya selain tauge, saya juga membeli sayuran lain. Suami yang melihat hanya geleng-geleng, melihat tauge di plastik berkembang biak.
Namun rupanya tak hanya penyakit ini menjangkiti saya, suami saya pun demikian. Terutama dalam membeli buah dan sayur. Jadi suami saya akan berbinar melihat sayuran hijau, wortel yang menjingga, atau buah pisang tanduk yang menguning, rambutan yang memerah, dan lainnya. Suami senang membeli padahal di kulkas buah-buahan atau sayuran masih tersedia. Tak sedikit.
Untuk mengatasi “penyakit” ini, saya dan suami melakukan evaluasi. Karena membeli sesuatu yang diinginkan padahal tidak dibutuhkan lumayan menguras kantong. Kami berdiskusi dengan solusi saling mengingatkan ketika sedang berbelanja. Meskipun kadang kami masih melanggar, namun kami terus mencoba untuk konsisten.
#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8 
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Temukan Kebahagiaanmu

Bicara soal bahagia ada aktivitas yang membuat bahagia yang terdiri dari dua hal yakni aktivitas yang disukai dan bisa dilakukan...