Sabtu, 17 Februari 2018

Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini

Tabungan Bersama (Tantangan Hari Keempat)
Menabung merupakan hal yang tidak mudah terlebih hal tersebut tidak dibenamkan dalam benak orang Indonesia. Sehingga banyak yang keuangannya keteter di penghujung bulan termasuk saya. Namun, setelah berkeluarga saya belajar mengelola keuangan dibantu oleh suami saya.
Setelah menikah saya memutuskan untuk resign dari pekerjaan saya karena harus mengikuti domisili suami. Di kota yang saya tempati kini, saya tidak bekerja dengan mempertimbangkan banyak hal. Sehingga pemasukan keuangan penuh dari gaji suami.
Suami saya bekerja sebagai guru di salah satu sekolah swasta. Gaji suami tidaklah besar namun cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan termasuk menyicil sebuah rumah. Selain menjadi guru, pemasukan suami berasal dari kursus yang didirikannya dan hasil jualan di kantin sekolah.
Suami saya cukup apik dalam menata keuangan. Saya belajar banyak darinya, termasuk menahan diri dalam membeli barang yang tidak kami butuhkan (hanya sebatas keinginan).
Di bulan pertama kami menikah, kami berdiskusi terkait dengan keuangan. Kami membicarakan perihal tabungan. Suami yang berinisitif duluan untuk membuat tabungan bersama dari pemasukan-pemasukan yang ada. Tujuan tabungan bersama tersebut adalah untuk mengumpulkan modal usaha yang lebih besar. Uang tabungan juga digunakan untuk biaya pendidikan anak-anak kami kelak.
Alhamdulillah, bulan pertama kami sudah dapat menabung di tabungan bersama. Tabungan kami buah khusus di Bank Syariah dengan akad penitipan, sehingga uang tidak berkurang untuk biaya admin dll. Bulan pertama kami menabung cukup banyak disusul di bulan kedua.
Selain tabungan bersama, saya dan suami juga mempunyai tabungan pribadi. Tabungan saya berasal dari tabungan di saat saya bekerja, sedangkan tabungan suami juga berasal dari uang gaji di saat bekerja sebelum menikah.
Tabungan bersama dibuat atas nama suami saya dengan ATM dan pin yang hanya diketahui olehnya. Alasannya suami lebih dapat menahan diri untuk tidak menggunakan uang tabungan bersama. Tapi kami sepakat untuk tidak mengutak-atik tabungan bersama. Semoga kami bisa terus konsisten dan dapat menabung lebih banyak dengan tabungan-tabungan lain. Aamiin.
#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari#Level8  
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari

#CerdasFinansial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Temukan Kebahagiaanmu

Bicara soal bahagia ada aktivitas yang membuat bahagia yang terdiri dari dua hal yakni aktivitas yang disukai dan bisa dilakukan...