Kamis, 05 Juli 2018

Rangkuman Webminar Ibu Profesional




Setelah  mengikuti Webminar yang di adakan oleh Ibu Profesional, yang secara live dan  di isi oleh bunda Septi Peni, terkait pembahasan  tentang keluarga multimedia. Dalam  waktu satu jam, melalui webminar pemaparan yang disampaikan oleh bunda Septi tak terasa. Sebab  isi materi yang membuat  saya pribadi tersengat untuk lebih update terhadap perkembangan teknologi saat ini. Dengan tetap memiliki kesadaran,  untuk tetap seimbang dalam menyikapi penggunaan multimedia saat ini. Mesti ada beberapa dampak negatif dari multimedia sendiri, tapi kita tida bisa menafikkan  manfaatnya. 

Sebagai seorang ibu pembelajar,  saya pun masih sering terlalaikan oleh multimedia terutama penggunaan gawai sebab manajemen waktu saya masih belum tertata baik.
Dalam Webminar tentang keluraga multimedia bunda Septi menerangkan, bahwa dengan adanya multimedia secara tidak sadar  teknologi kadang menggantikan posisi kita. Misal  dengan adanya TV atau HP  yang kita berikan pada anak sebagai pengganti agar anak duduk manis, sedang kita sibuk dengan hal lain. Padahal pada usia tertentu  anak anak yang di berikan teknologi  tanpa di dampingi orangtua dalam menonton TV atau melihat Vidio  tersebut bisa memiliki emosi yang kurang stabil. Apalagi kalau tontonan tersebut tidak sesuai usianya. 

Menurut bunda septi ada berapa hal yang seharusnya menjadi sebuah pertanyaan kita tentang Multimedia ini sendiri  yaitu :
Apakah keluarga kita termasuk  istilah mangan ora mangan kumpul?
Apakah salah satu anggota keluarga memiliki masalah dengan jarak dan waktu? misal suami istri yang LDM
Bagaimana banyangan interaksi dalam keluarga yang akan datang?


Selain itu hal lain yang perlu kita pahami tentang peranan teknologi dalam keluarga  sangat besar misal:
Mendekatkan yang jauh, jadi teknologi idealnya merapatkan yang dekat mendekatkan yang jauh bukan sebailknya.
Menata waktu. Misal menggunakan berbagai fitur di Hp sebagai  pencatan dan pengingat agenda harian contoh NOTE
Menjaga keluarga. contohnya LAHM (Location Aware Home Automation) merupakan aplikasi yang di gunakan untuk mengetahu keberadaan sesorang baik itu keluarga atau teman, jadi kalau ada salah satu anggota keluarga kita yang mungkin kesasar diluar negeri kita bisa mengetahuinya dan membantunya.
Mengola interaksi antar anggota keluarga.  mesti jarak jauh kita tetap saling bisa bersilaturahim sesama anggota keluarga dengan lewat chat  semisal grup di Whatsapp atau BBM. atau menggunakan aplikasi vidio. 

 Sebagai orangtua kadang ada kegalau tersendiri pada internet, bahkan kita sangat phobia pada internet apalagi untuk anak anak. Menurut bunda Septi sendiri sebenanya Internet itu tidak melulu buruk dan jahat loh, Jadi tergantung kitanya. Lewat internet kita bisa belajar dengan berbagai aplikasi dan platform yang ada di internet. Misal Virtual class, Wolfram Alfa, Learning page.com, Google, Caursera, KhanAcademy, Busuu, Crowd writing,Fb, Twiter, Skype dan banyak lainnya. J Banyak  sekali banyak platform belajar yang bisa membantu  memperluas wawas an,Internet bisa  menunjang kehidupan kita untuk lebih maju asal pengunaanya tetap seimbang ya.
So jangan takut dengan inernet ya bunda :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Temukan Kebahagiaanmu

Bicara soal bahagia ada aktivitas yang membuat bahagia yang terdiri dari dua hal yakni aktivitas yang disukai dan bisa dilakukan...