Minggu, 09 Januari 2022

30 Hari Mandiri Makan Zea

30 hari membersamai Zea melalui tantangan makan mandiri yang  merupakan sarana belajar yang luar biasa.

Saya teringat saat awal memberikan makanan pendamping ASI pada Zea, prioritas utama saya saat itu adalah menanamkan "Rasa  suka makan'', dimana yang saya tanamkan adalah makan serasa bermain. Diawal Saat  memperkenalkan makanan MPASI  saya tidak memberikan aturan baku  untuk makan dengan duduk rapi di kursi.   kalau Zea memang sedang  makan sambil bermain terutama pada fase saat dia mulai merangkak saya  ikuti alurnya Zea. Alhamdulilalh   memasuki usia 3 tahun  bisa di hitung hanya beberapa kali Zea itupun kalau memang mau  tumbuh gigi saja  dan gak lebih dari 3 hari. Awal semua cukup menantang mulai dari mengatur waktu masak, mix max bahan,  naik turun tekstur kala Zea lagi tumbuh gigi.  

Lewat Zea saya belajar  tentang makna penerimaan, ia zea menerima apapun makanan yang saya masak, terimaksih nak.   Dan  30 hari membersamai Zea untuk Mandiri makan kadang bunda masih gemes pingin bantuin Zea makan, kadang juga masih kurang sabar saat tangan mungil Zea Eksplorasi makanan yang ada dipiring.   Saya pun sedang belajar menerima proses mandiri makan Zea dengan utuh tanpa tendensi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Temukan Kebahagiaanmu

Bicara soal bahagia ada aktivitas yang membuat bahagia yang terdiri dari dua hal yakni aktivitas yang disukai dan bisa dilakukan...